The Sacred Search-

minggu lalu kita bedah buku sama kawan2 seusia hehhe.. baru ingat ngepostingnya sekarang. penting dan bagus banget isi bukunya. cekidot yah guys…..

judul bukunya “The Sacred Search” , ada dijual di gramed loh😀
sinopsisnya ini buku dikarang untuk mereka yang berjiwa muda yang sedang mencari belahan jiwa, bahasa gaulnya sih soulmate.. tapi bukan seperti buku buku kebanyakan yang hanya membahas cinta cinta cinta dan cinta.. buku ini lebih mempertegas dan membuat kita mikir or merenung, banyak bertanya dan bercermin terlebih dahulu.. dan tidak hanya bicara soal perasaan. yah menurut aku sih ini buku mengandung kalimat kalimat yang bener bener BERKUALITAS !!! very very recommended!!
banyak pelajaran yang didapat dari buku ini, padahal yang kita bedah hanya bab I sampai bab III, belum seluruh isi buku, wow.. ini dia point pentingnya:

1. KISAH DUA AIR MATA
a. pada saat memasuki dunia pernikahan hanya ada dua jenis air mata yang mungkin kita alami. air mata sukacita (karena telah memilih orang yang tepat) atau justru mengalami air mata dukacita (karena telah salah memilih). air mata sukacita bukan berarti kita tidak mengalami masalah dalam pernikahan. namun dalam setiap masalah kita bisa lewati bersama dengan segala pengertian, kekuatan, dan kepedulian yang dimiliki masing-masing pihak. intinya kita tidak mengalami “bertepuk sebelah tangan” dalam pernikahan. banyak kasus dimana ketika sudah menikah justru hanya satu pihak yang tertekan di satu masalah sedang pasnagannya menikmati keegoisannya
b. nikmati proses nya ketika kita sedang dalam tahap pengenalan dengan seseorang pria atau wanita. jangan terburu-buru ingin terikat hanya karena kita sedang di mabok kepayang. itu snagat berbahya guys. akal sehat kita bisa lumpuh sehingga kita tidak lagi bisa menilainya secara objektif. padahal ketika masa pendekatan kan kita harus tau busuk-busuknya dia juga. jangan pernah menutup mata dan telinga deh waktu lagi masa pendekatan. gunakan waktu seluas luasnya untuk mengenal dia.
c. ketika menikah bukankah tidak ada alasan yang benar benar tepat untuk bercerai?????!! pernikahan adalah sakral. kematianlah yang dapat memisahkan dua orang yang sudah dipersatukan dalam pernikahan. so, ketika masa masa pendekatan jangan takut untuk mengetahui dia yang sebenarnya atau mencari tau sifat dan karakternya.
d. ketika dia tidak sesuai dnegan yang kita harapkan di awal perkenalan, jangan takut patah hati yah. patah hati itu bias akok. manusiawi😀
nikmati saja manis pahitnya proses mengenal itu.. ketika sudah berpacaran dan ternyata dia memiliki karakter yang tidak tepat/ tidak baik, jangan takut untuk mengambil keputusan..
e. jangan pernah terpaut dengan perasaan. perasaan bisa datang kapan saja. dan kita tidak bisa menghindar. namun kita pasti bisa mengelolahnya dengan tepat. maka dari itu jangan mengandalkan perasaanmu padanya dalam memilih dia.
f. mengetahui alasan “mengapa menikah” harus terlebih dahulu kita renungkan hingga kemudian kita bisa memilih “orang seperti apa yang tepat untuk menikah denganku”

2. KASIH YANG MEMBERI HIDUP
a. mencari teman hidup harus berdasarkan kepada “kasih Tuhan”, karena hanya mengandalkan perasaan ketika berapcaran tidaklah menjamin sebuah perniakahan akan manis… perasaan diatara kedua belah pihak akan bertahan dan kuat ketika kasih diantara mereka berasal dari Tuhan. orang yang kau pilih adalah sepatutnya orang yang juga mengenal Tuhannya dengan baik dan berkualitas hidupnya.
b. libatkan Tuhan dalam memilih teman hidup. jangan melibatkan hanya perasaan semata yah guys..
ada satu kalimat menarik yang kupikirkan ketika aku membaca bagian buku ini:
“kesalahan terbesar dalam hidupku adalah ketika aku tidak bisa memberikan Ayah/Ibu yang tepat untuk anak-anakku………….”

3. JATUH CINTA SAJA TIDAK CUKUP
a. pikirkan dan renungkan ini:
“mengapa anda bersamanya?
apa manfaatnya?
mengapa anda mati-matian ingin bersamanya?
b. memutuskan dengan siapa anda menikah hanya berdasarkan perasaan tertarik adalah perkara yang yang bodoh
c. jangan hanya karena perasaan yang begitu kuat dan daya tarik, anda mempertaruhkan hidup dan kebahagiaan anak-anak anda diatasnya…

4. RENTAN DAN BODOH
a. kita memang tidka bisa menghindari serangan perasaan di awal kita mengenalnya. terakdang membuat kita seperti tergila-gila dengannya atau ingin selalu melihatnya. itu wajar dan tak terhindar. namun kita bisa memilih untuk mengelolah perasaan itu, membiarkannya bertumbuh, merawat, membunuh rasa itu atau memilih untuk mengujinya..?
b. jadilah bijak dan sehat dalam mengatur emosi jiwa dan perasaan. itu sangat penting..

5. TERGILA-GILA DENGAN PERASAAN TERGILA-GILA
a. cinta tidak buta
b. pahami kelemahan dan kelebihannya
c. mempertahankan sebuah hubungan bukan karena perasaan yang kuat, namun karena itu adalah hasil ujian yang tepat🙂

6. SEBUAH POLA YANG MUDAH DITEBAK
a. cinta romantis membuatmu tidak bisa menilai dengan tepat
“apakah seseorang itu pantas didapatkan atau layak dipertahankan?” jangan memilih pasangan berdasarkan cinta romantis atau cinta versi mabok kepayang hihi
b. cinta buta bisa ada karena kita tidak bisa mengontrol emosi…

7. RAPUH
a. jangan pernah bermain main dengan perasaan orang lain
b. bersikaplah kepada orang lain sesuai porsinya/ harus ada batasan yang sangat jelas

8. HIKMAT BERSEDIA MENUNGGU
a. jangan pernah mengambil keputusan untuk menjadi pasangannya pada saat mengalami “cinta yang berkobar-kobar”
b. jangan memilih seseorang yang tidak bisa anda nilai secara objektif, itu adalah pilihan bodoh! seperti menandatangani surat hutang pada kondisi mabokkk
c. perasaan bukanlah indikator yang tepat untuk mengkompromikan keputusan

jika kamu kamu tidak setuju, silahkan! ini hanya masukan guys hiihiii
yang pasti jadilah bijaksana untuk sebuah keputusan di masa depanmu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s