Bocah itu-

bocah itu menjajahkan koran di parkiran, menegur setiap orang yang dijumpainya sambil tersenyum; “kak, korannya kak?”
sontak aku ingin menangis melihatnya. lebih dari sebuah kata tegar, lebih dari sebuah kalimat bahwa hidup ini sungguh keras. bocah yang masih duduk di kelas 6 SD menghabiskan malam-malamnya di parkiran sebuah mall, ntah apa yang ada dipikirannya, tak takut lagi akan hiruk pikuknya kejahatan negri ini.

bocah itu layaknya seorang anak muda yang sedang mencari receh untuk membayar cicilan masa depannya. ia mungkin punya mimpi sepertimu, kau mungkin sedang berada di tangga ke tujuh atau ke sepuluh bahkan ke seratus, namun ia, masih harus mencari tempat dimana ada tangga yang mampu ia naiki..

aku yakin, begitu banyak orang-orang kaya yang melihatnya, begitu banyak orang-orang tua menyaksikan keruh hidup bocah penjual koran, namun hanya sangat sedikit yang bersedia membeli koran jajahannya, yang dengan ikhlas menaruhkan lembaran uang ke saku nya, yang dengan senyum manis menyapa dan menanyakan siapa namanya.

entah dunia apa, entah pantas disebut apa, ketika sekarang yang kupikir, mengapa bisa ada bocah sekuat itu? bahkan ia tak mengenal kata malu. tak tau indahnya kata bermain. tak pernah merasakan nikmatnya tidur siang di atas kasur, atau menikmati akhir pekan bersama keluarga. belajar bersama teman, mendapatkan hadiah baju baru, makan disuapin, diantar-jemput sekolah. itu hanya ada dalam dongeng, atau sinetron-sinetron (yang bahkan mereka pun tak pernah melihatnya di tivi)

jika kau jumpai, bocah penjual koran. berilah senyuman. barangkali itu dapat menyembuhkan lukanya, berjuang keras di masa kecil pasti menimbulkan seribu tanya dipikirannya, apakah seperti ini hidup di dunia, dimana ada banyak jiwa yang bernafas bersamanya..namun tak ada yang memperhatikan :’)

ahhhh bocah.
bertabahlah.
kelak kau kan petik manis perjuangan.
pada jalan hidup di depan sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s